SMPN24MKS.SCH.ID,MAKASSAR – Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) merupakan pegangan bagi guru dalam melaksanakan pembelajaran untuk setiap Kompetens Dasar (KD). RPP memuat hal-hal yang langsung berkait dengan aktifitas pembelajaran dalam upaya pencapaian penguasaan suatu Kompetensi Dasar.
Pada kesempatan ini, admin ingin berbagi informasi terkait Contoh RPP yang disusun dengan memperhatikan prinsip-prinsip pembuatan RPP yang efektif, efisien serta berorientasi pada peserta didik.
Berikut ini adalah contoh RPP Mata Pelajaran Matematika :
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
SATUAN PENDIDIKAN : SMP NEGERI 24 MAKASSAR
MATA PELAJARAN : MATEMATIKA
KELAS/SEMESTER : IX/ GENAP
MATERI POKOK : Kesebangunan dan Kekongruenan Bangun Datar
SUB MATERI : Syarat dua bangun datar Kongruen
ALOKASI WAKTU : ( 1 x 60 Menit )
PERTEMUAN : I
A. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
No. | Kompetensi Dasar | Indikator Pencapaian Kompetensi |
1. | 3.1 Menjelaskan dan menentukan kesebangunan dan kekongruenan antar bangun datar | Menjelaskan syarat dua bangun datar Kongruen |
Fokus Karakter : Percaya diri, Kritis, Kerjasama
B. Tujuan Pembelajaran
Dengan sistem Pembelajaran Jarak jauh (PJJ) peserta didik dapat:
- Menjelaskan syarat dua bangun datar
- Mengembangkan karakter, kritis dalam literasi
C. Metode Pembelajaran
Sistem Pembelajaran Jauh.
D. Media Pembekajaran
Laptop, Hp Android, Ruang Guru, Google Meet
E. Sumber Belajar
- Buku Matematika SMP/MTs Kelas IX semester 2 (Edisi Revisi).2018. Pusat Kurikulum dan Perbukuan. Balitbang.Kemdikbud
- Lingkungan rumah.
F. Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan | Deskripsi Kegiatan | Alokasi Waktu |
Pendahuluan | Mengaktifkan aplikasi Google Meet dan membagikan link ke peserta didik via watshapp group. Setelah peserta didik login kemudian melakukan do’a sebelum belajar (meminta seorang peserta didik untuk memimpin do’a)Guru mengecek kehadiran melalui time line ruang guru/WA dan kabar peserta didik serta mengingatkan untuk selalu stay dirumah aja selama masa karantina sehubungan dengan penyebaran virus covid 19. Selalu memotivasi peserta didik untuk menjaga kesehatan dan kebersihan serta mengikuti anjuran pemerintah terkait kesehatan. Kemudian meminta peserta didik untuk mempersiapkan perlengkapan dan peralatan yang diperlukanGuru mengaitkan materi kesebangunan yang diajarkan dengan kehidupan nyata, misalnya melalui gambar berbagai macam mobil dan gambar kongruen lainnya.Peserta didik menerima informasi tentang kompetensi, ruang lingkup materi, tujuan, manfaat, langkah pembelajaran, metode penilaian yang akan dilaksanakan | 10 Menit |
Inti | Guru meminta peserta didik untuk membaca materi pada buku Matematika kelas IX elektronik yang telah dikirim via watshapp /buku paket dari perpustakaan halaman 202 – 212. Guru memberikan penguatan tentang syarat dua bangun kongruen melalui google meet.Guru memberikan kesempatan bertanya baik melalui google meet atau via WA terkait materi yang dipelajari.Guru bersama peserta didik mendiskusikan masalah yang diketengahkan oleh guru terkait materi yang dipelajari.Guru bersama peserta didik membuat kesimpulan.Guru mengarahkan peserta didik untuk mengerjakan latihan 4.1 Nomor 4 hal 213. Dan menyetor tugasnya di Ruang Guru. | 40 menit |
Penutup | Untuk memberi penguatan materi yang telah di pelajari, guru memberikan arahan untuk mencari referensi terkait materi yang telah dipelajari baik melalui buku-buku di perpustakaan atau mencari di internet.Peserta didik mengerjakan soal latihan 4.1 Nomor 4 hal 213. untuk mengukur ketercapaian tujuan pembelajaran secara individu.Peserta didik mendengarkan arahan guru untuk materi pada pertemuan berikutnya. | 10 menit |
- Penilaian
Penilaian Kompetensi Pengetahuan Teknik : Tes Tertulis
Kemudian format ini dapat anda unduh di slide berikut ini: